Kelas Pronunciation & Accent di Rumah Inggris Jogja

Pronunciation & Accent dalam belajar bahasa Inggris adalah mempelajari bunyi dan nada dalam Spoken English. Untuk bisa berkomunikasi dalam bahasa asing kita butuh mendengar bahasa yang akan kita pelajari sebelum kemudian kita bisa berbicara dengan bahasa tersebut. Tujuan belajar Pronunciation & Accent adalah untuk bisa memahami bahasa Inggris dengan lebih baik dan juga agar bahasa Inggris kita bisa dipahami dengan lebih mudah oleh penutur asli. Selancar apapun bahasa Inggris kita tanpa skill pronunciation dan accent yang baik, bahasa Inggris kita akan sulit dimengerti oleh penutur asli dan kita juga akan mendapatkan banyak kesulitan untuk memahami bahasa Inggris penutur bahasa Inggris asli ketika mereka berbicara dengan cepat.
Teman-teman yang belum mempunyai skill pronunciation selalu berpikir bahwa bahasa Inggris penutur asli seringkali terdengar terlalu cepat dan tidak jelas, padahal bahasa Inggris yang asli (Real Spoken English) memang tidak terdengar flat. Real Spoken English sering tidak jelas dan cepat, bahkan ketika bahasa Inggris kita jelas, penutur asli akan kesulitan memahami bahasa Inggris kita, “If you stress every word clearly, Americans will have much trouble to understand you” (Key Harbert). Itulah pentingnya belajar pronunciation dan accent bagi siapapun yang ingin bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan lebih baik.

Berikut adalah apa yang akan dipelajari di kelas Pronunciation & Accent;

Individual Sounds
Belajar dan membiasakan membunyikan bunyi-bunyi dasar dalam bahasa Inggris, kita akan menemukan beberapa bunyi dasar dalam bahasa Inggris yang tidak kita kenal di dalam bahasa asal kita baik terdiri dari vowels (vokal) maupun Consonant (konsonan) Seperti bagaimana kita membunyikan vocabularies berikut Leak, Lick, Lake, Like, Look, Lock, Luck, Lack.

Final sound
Di sini kita belajar membunyikan bunyi-bunyi akhir dalam bahasa Inggris yang seringkali ketika bunyi akhirnya salah maka artinya bisa berubah, misalnya Debt dan Dead, Back dan Bag, bunyi ed dalam I loved her dan I kissed her, bunyi s dalam she hates him dan she loves him, dll.

Linking and Blending sound
Di point ini kita akan belajar bagaimana penutur asli menyambung akhir bunyi satu kata dengan awal bunyi dari kata berikutnya. Linking and Blending sound atau yang biasa juga dikenal dengan istilah connected speech inilah yang menyebabkan bahasa Inggris terdengar lebih cepat, karena penutur asli tidak berbicara kata perkara (word by word) mereka selalu menyambung kata dan menggantinya dengan bunyi yang baru, “They connect the words and change the sound”.

Sound Reduction
Di sini kita akan belajar membunyikan bahasa Inggris dengan standard, dalam bahasa Inggris ada kata yang harus dibaca jelas dan ada yang harus dibaca lemah, dan tidak jarang dalam satu kalimat lebih banyak yang dibaca tidak jelas. Misalnya What can I do for you? (yang dibaca jelas hanya WHAT dan DO).

Intonation
Intonasi dalam spoken English tidak kalah pentingnya. Satu kalimat ketika dibaca 10 kali dengan Intonasi yang berbeda maka arti dari kalimat tersebut juga menjadi sepuluh. Dan masih banyak materi lain yang akan dipelajari di kelas Pronunciation & Accent to help you speak and understand a whole lot better.

Namum dari beberapa materi di atas yang paling penting adalah skill bukan sekedar memahami atau menghafal materinya. Pronunciation & Accent requires skill (not just knowledge). Are you fellas and gals ready to get rid of your local accent and sound English a whole lot better?.


Rumah Inggris Jogja menyadari pentingnya skill Pronunciation & Accent dan siap membantu teman-teman belajar Pronunciation dan Accent baik british maupun American Accent dengan didampingi tutor yang berpengalaman mengajar Pronunciation & Accent selama 5 tahun  di beberapa lembaga kursus bahasa Inggris yang fokus mengajarkan Pronunciation dan Accent di Kampung Inggris Pare.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »