BAGAIMANA SIH MENGUASAI PRONUNCIATION YANG MUDAH?

Berbahasa Inggris dengan fasih dan lancar adalah impian semua orang yang mempelajarinya, bagaimana tidak,ketika bertemu dengan native speakernya langsung kita bisa berbicara cas-cis-cus dengan menggunakan accent America atau British. Menguasai ilmu bahasa Inggris tidaklah sulit jika kemauan dan tekat yang kuat menyertainya. Banyak hal yang harus di ingat bahwa bahasa Inggris itu sangatlah mudah dan unik, juga memiliki beberapa subject yang harus di pelajari mulai dari tata bahasanya (Grammar), kosakatanya (Vocabulary), berbicaranya (Speaking) sampai pelafalan pengucapannya yang sering disebut dengan PRONUNCIATION. Oleh karena itu, dengan menguasai itu semua mari mantapkan niat untuk belajar dan menggunakannya dalam keseharian. Dalam hal ini, saya akan lebih fokus menjelaskan tentang Pengucapan dalam bahasa Inggris dengan kata lain Pronunciation.

BAGAIMANA SIH MENGUASAI PRONUNCIATION YANG MUDAH?


Salah satu kendala yang dihadapi oleh orang yang ingin belajar bahasa Inggris termasuk para pejabat struktural adalah bagaimana cara mengucapkan kata kata dalam bahasa Inggris dengan benar dan suku kata mana yang harus mendapat tekanan. Karena pentingnya ucapan dan tekanan yang benar, kami berpendapat bahwa pengajaran ucapan dan tekanan kata-kata bahasa Inggris sangat penting karena jika seorang non native speaker memiliki ucapan yang jelek dan tekanan yang salah, ia tidak akan mampu berkomunikasi secara lisan sekalipun
penguasaan kosa kata dan struktur (grammar) nya baik.

Mengapa kita perlu belajar pronunciation? Karena pronunciation (cara berbicara) merupakan hal terbesar yang dapat dilihat dari bahasa Inggris. Kita harus mempelajarinya sekalipun anggapannya bahwa kita sudah bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Dalam pengantar English Pronunciation ini, dijelaskan bagaimana cara mempelajari pronunciation bahasa Inggris dan tahapan-tahapannya:


  1. Mempelajari bunyi-bunyi yang ada dalam bahasa Inggris dan simbol-simbolnya
  2. Mempelajari transkripsi fonetik (penulisan) kata-kata dan penekanan pada suku kata
  3. Belajar melafalkan semua bunyi bahasa Inggris
  4. Mempelajari pronunciation setiap kata bahasa Inggris yang digunakan/ditemukan


Pada kebanyakan bahasa, termasuk bahasa Indonesia, ketika kita membaca sebuah kata kita akan tahu bunyinya. Tetapi tidak untuk bahasa Inggris. Membaca sebuah kata bahasa Inggris tidak turut menjelaskan bagaimana cara pengucapannya. Sebagai contoh, kata no dan do keduanya berakhiran o tetapi o pada kedua kata itu dilafalkan secara berbeda. Ini artinya bahwa Anda harus mempelajari pronunciation setiap kata yang akan digunakan. Lalu bagaimana Anda bisa mempelajari pronunciation sebuah kata bahasa Inggris? Anda bisa menemukan transkripsi fonetiknya dalam kamus standar, dengan catatan bahwa Anda sudah harus tahu simbol-simbol bunyi.

Pronunciation adalah cara mengucapkan kata dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar sesuai dengan aturan IPA (International Phonetic Alphabet). Dengan memahami cara membaca symbol akan memudahkan para pelajar untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Melafalkan vokal bahasa Inggris, teman-teman mungkin telah menemukan bahwa ada perbedaan besar antara cara kata-kata dieja dalam bahasa Inggris dan cara mereka diucapkan. Pola pengejaan bahasa Inggris tidak konsisten dan tidak selalu dapat diandalkan, pengucapan panduan misalnya: Dalam kata-kata berikut, huruf "A" digunakan untuk mewakili lima suara yang berbeda. Hate (Benci), Father (Ayah), Have (punya) dan Saw (gergaji). Cukup membingungkan, bukan? Itu sebabnya kita membutuhkan seperangkat simbol di mana setiap suara diwakili oleh simbol yang berbeda. Jangan panik !!! Tidak perlu mempelajari semua simbol sekaligus. Setiap suara akan diperkenalkan dan dijelaskan satu pada saat itu. Kunci pelafalan adalah membedakan vokal dan diftong bahasa Inggris dengan IPA (International Phonetic Alphabet).

Dalam hal ini saya akan memberikan contoh symbol yang akan di lafalkan satu persatu hingga akan menyatu menjadi satu di sebuah kata. Let’s take a look:

1. VOWEL (Huruf hidup)
A. LETTERS

  1. A /ei/
  2. I /ai/
  3. U /yu/
  4. E /i/
  5. O /oʊ/


2. MONOPHTHONG (Satu suara)
A. Lax: Short (Pendek dan di tekan)
/ æ / / ɛ / / I / / Λ / / ʊ / / ə / /ɒ /
B. Tense: Long (Panjang dan tidak di tekan)
/ i: / / ɑ: / / u: / / 3: / / ͻ: /

3. DIPHTHONG (Dua suara/ Suara lemas)
/eI/ /aI/ /oʊ/ /aʊ/ /ͻI/ /Iə / /eə / /ʊə /

4. CONSONANTS (Huruf mati)
A. Voiceless: Letupan berat/cepat (Tanpa suara)

f k p s tʃ ʃ θ t h

B. Voiced: Letupan kalem/santai (Bersuara)

z dƷ Ʒ b d g l m n r v w y ð ŋ

Pronunciation tidak hanya berbicara tentang symbol, however masih banyak lagi yang harus dipelari seperti:

  1. Word Connection yaitu bagaimana English speaker berbicara dengan menggunakan menggabungkan suara dua kata menjadi satu dan terdengar sangat cepat. Contoh Word Connection: Wake up, Get in, Come out dll. Nah... dalam contoh tersebut kita bisa membaca dua kata tersebut menyatu seperti satu kata saja.
  2. ED Ending Regular Verb yaitu bagaimana suara ed yang terletak di ahir kata kerja yang beraturan itu memiliki suara yang berbeda ketika di ucapkan. Contohnya adalah dalam kata: Washed, Loved dan Accepted. Dalam tiga contoh tersebut bisa kita lihat ada ahiran ED yang terletak di ahir kata kerja beraturan dimana ketiga ED tersebut memiliki bacaan yang berbeda. Kata Washed berahiran suara (t), Loved berahiran suara (d) dan Accepted berahiran suara (Id). Bagaimana bisa seperti itu? Jawabannya adalah karna semua itu di pengaruhi oleh suara Vowel dan Consonant yang terletak di ahir setiap kata.
  3. Combinning T, D, S and Z + Y yaitu cara untuk menggabungkan dua suara berbeda menjadi satu. Contohnya adalah kata Don’t you menjadi Donchu, Did you menjadi Diju, Miss you menjadi Mishu dan How’s your menjadi Hauzur.
  4. American T yaitu cara membunyikan suara T dalam American accent. Ada empat bagian suara T dalam bahasa Inggris gaya Amerika yaitu: 1. Beginning T, Suara T yang sangat jelas terucap seperti: Teach, Too, Try. 2. Middle T, cara membunyikan suara T dengan suara D atau R yang mana posisi T tersebut di apit oleh dua suara Vowel seperti: Water (woder), Heater (hider), Better (beder). 3. Silent T, cara menghilangkan suara T yang mana jika T berdekatan dengan N seperti: Enter (ener), Interview (Inerview), Center (Sener). 4. Held T, yaitu suara T yang di tahan pada lubang hidung paling dalam seperti: Important, Mountain, Cutton.
  5. The Disappearing H yaitu penghilangan suara H pada Kata ganti dan Kata kerja bantu seperti: Look him (lukim), I have (aiyav) dan Tell her (teler).
  6. The Intonation yaitu bagaimana cara meletakkan intonasi pada kalimat. Ada tiga jenis intonasi 1. Intonasi Rendah pada ahir kalimat pertanyaan 5W1H, Kalimat pernyataan dll. 2. Intonasi naik pada kalimat pertanyaan Yes/No dan 3. Intonasi turun naik pada kalimat yang memberikan pilihan lebih dari satu contohnya seperti nada akan naik pada pilihan pertama, kedua, ketiga dan nada akan turun pada pilihan terahir. Dan masih banyak lagi pembahasan yang lainnya.


Pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana sih caranya supaya pengucapan bahasa Inggris saya bagus seperti bule?
Naahh,, Disini saya akan berbagi Tips yang sangat mudah untuk menguasai Pronunciation.

  1. Persiapkan diri dengan tekad yang kuat untuk belajar
  2. Belajarlah pada guru yang menguasai pelajaran itu
  3. Jangan pernah malu untuk mencoba
  4. Latihlah kelenturan lidah dengan selalu membaca Tongue Twister
  5. Belajarlah dari Lagu dan Movie barat. Perhatikan yang di ucapkannya
  6. Berkomunikasi dalam bahasa inggris setiap hari


By: Mr Zein, Tutor pronunciation di Rumah Inggris Jogja (RIJ)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel