Perbedaan Kata yang Mirip dan Penggunaannya

Beberapa kata dalam bahasa Inggris seringkali membingungkan karena kata kata tersebut memiliki arti atau bunyi yang mirip. Dalam hal ini, Anda dituntut untuk peka terhadap makna kalimatnya dan kata yang diminta. Beberapa kata yang sering bermasalah tersebut adalah:

Perbedaan Kata yang Mirip dan Penggunaannya


1) Make/ Do

Kedua kata ini sekilas mengandung arti yang sama, tetapi jika diperhatikan, kedua kata ini memiliki arti yang berbeda. Make berarti membuat atau menciptakan, sedangkan do berarti melakukan. Dalambanyak kondisi make lebih berfokus kepada hasil, sedangkan do berfokus kepada proses. Untuk menentukan kapan kedua kata tersebut digunakan, anda harus mengandalkan kosakata dan kemampuan dalam mengartikan kalimat yang ada.

2) Like/ Alike/ Unlike

Dalam Structure and Written Expressions, penggunaan kata like, alike, dan unlike terkadang dipertukarkan. Berikut penjelasan mengenai penggunaan masing masing kata tersebut.


  • Like memiliki beberapa arti dan bentuk. Kata like bisa berarti “menyukai” (kata kerja / verb) atau “mirip” (Preposition) like yang muncul di awal kalimat berfungsi sebagai preposition seperti : I like your sister. Like other mammals, whale gives birth to its offspring.
  • Alike bisa berupa adjective yang berarti “mirip” atau adverb yang berarti “sama”. Alike biasanya muncul di akhir klausa. Contoh: I and my Father are alike (adj), The rise of the price of gasoline coused a panic among people and industrial alike. (adv)
  • Unlike adalah preposition yang berarti “tidak mirip/ tidak seperti”. Sebagaimana like yang berfungsi sebagai preposition, unlike juga biasanya muncul di awal kalimat. Contoh: Unlike other dating methods, carbon dating measures the amount of carbon in item to predict its age.


3) Alive, Life dan Live


  • Alife (Adjective) Artinya hidup, bernyawa, berjiwa.
  • Life (uncountable noun) Life merupakan membedakan antara makhluk hidup dengan benda mati.
  • Live (verb/ adjective) Live berarti Verb artinya tinggal di suatu tempat dan Adjective yang artinya langsung.


4) Other/ The Other/ Another

Meskipun memiliki makna yang sama, yaitu “yang lain” penggunaan other, theother and another tidak boleh sembarangan. Masing masing kata tersebut ada yang memiliki makna tunggal maupun makna jamak. Jadi penggunaannya tergantung pada kata benda yang mengikutinya.


  • Other berarti “yang lain” dan dalam hal ini Jumlahnya lebih dari satu. Oleh karena itu, other selalu diikuti plural noun. Contoh: Scientists have found other ways to measure an old object’s age. (makna: Ada lebih dari satu mengukur usia benda)
  • The other juga berarti “yang lain” tetapi diikuti singular noun and plural. Penggunaan kata the other memberikan makna bahwa kata yang dimaksud adalah salah satu dari jumlah keseluruhan, serta telah di ketahui dengan pasti baik oleh pembicara maupun pendengar. Contoh: The Man was waiting on the other side of the street. (makna: salah satu sisi dari dua sisi jalan)
  • Another juga berarti “yang lain” dan diikuti singular noun atau kata benda tunggal. Penggunaan kata another memberikan makna bahwa kata benda yang dimaksud merupakan salah satu cara dari beberapa jumlah yang ada. Contoh: Radioactive dating is another way ofdating old objects. (makna: salah satu caradari beberapa cara yang ada)


Penggunaan Article

Article, yang muncul sebelum noun, secara sederhana terdapat dapat didefinisikan sebagai “penanda”. Dalam bahasa Inggris ada tiga jenis article, yaitu a, an, dan the. Article a/ an bermakna satu/ suatu dan diikuti oleh countable noun tunggal (singular), misalnya a book dan an apple. Kedua article tersebut tidak bisa diikuti uncountable noun.

Dalam penggunaannya, a diikuti kata yang berawalan huruf konsonansedangkan an digunakan sebelum kata yang berawalan huruf vocal (a, i, u, e, o). Khusus digunakan noun yang berawalan ‘h’ dan ‘u’, Anda harus memperhatikan bunyi katanya. Perhatikan contoh berikut.

tabel 1


Pada contoh tersebut, kata university dibaca /ju:ni’v3:rseti/ sehingga bunyi katanya berawalan huruf konsonan. Dengan demikian, article yang dipilih adalah a, bukan an. Begitu pula dalam kata hour yang dibaca /’auer, menghasilkan bunyi pada kata yang berlawanan dengan huruf vocal sehingga article yang digunakan adalah an. Perlu diingat juga bahwa kedua article yang dimaksud tidak selalu diikuti oleh kata benda. Terkadang dalam noun Phrase seperti contoh berikut ini, article a/an diikuti kata sifat (adjective) terlebih dahulu sebelum noun.

tabel 2


By: Mr Wahyu, Tutor Grammar dan TOEFL Rumah Inggris Jogja (RIJ)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel