TIPS LANCAR NGOMONG INGGRIS (SPEAKING) TANPA MIKIR

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, kita tidak akan lepas dengan istilah “speaking”. Bagi beberapa kalangan, mungkin, menganggap bahwa speaking adalah pelajaran bahasa Inggris paling membosankan ke dua setelah grammar. Namun, ada juga yang menganggap speaking adalah pelajaran terpenting dalam mempelajari bahasa pada umumnya, khususnya bahasa Inggris.

TIPS LANCAR NGOMONG INGGRIS (SPEAKING) TANPA MIKIR


Apa benar mempelajari speaking itu penting? Jawabannya terserah anda. Jika anda menganggap speaking itu penting, maka jangan pernah menjawab tidak. Menyesuaikan dengan kebutuhan kita, ada beberapa kalangan menganggap speaking tidak begitu penting dikarenakan mereka hanya ingin lulus test tertulis. Speaking sangat erat hubungannya dengan social kita sehari hari yang dimana kita akan "speak" untuk mengexpresikan ide, gagasan, dll. Adapun beberapa tips dan trick untuk mempelajari speaking, sebagai berikut :

1. Makin banyak menghapal grammar, jadi makin bingung dan pusing. Keluar dan praktek Speaking Bahasa Inggris! Jangan pernah nunggu sampai kamu mahir dulu.

Let’s Practice to Speak English!

Ah ntar dulu, grammarnya masih belum bagus.

Ntar dulu deh, belum mahir 16 tenses.

Hmm, belum hapalin semua aturan & pola kalimat.

Gimana ya…

Wooalllaaaa, kalau ntar-ntar terus, kapan bisanya? Eits, siapa bilang harus hapalin satu buku grammar sebelum terjun ke lapangan? No, no, no, itu konsep keliru ya. Faktanya, makin banyak tahu, makin banyak lupa. Ini kalau nggak dipraktekan ya…

So, stop delaying what you must do. Jangan kebanyakan alasan sehingga membenarkan penundaan apapun itu. Alasan paling sering dan ampuh untuk menunda berlatih Speaking karena belum mahir grammar Bahasa Inggris. So, banyakin practice nya yaa

2. Baru belajar speaking, tapi ingin cepat mahir? Nggak masalah. Pakai cara ini: utamakan memahami frase atau kalimat sederhana daripada menghapal kata-kata.

Kalimat dan frase sangatlah mempengaruhi speaking anda. Dengan frase dan kalimat ini dapat memudahkan anda tanpa harus memikirkan grammar lagi. Misalnya frase serta kalimat dalam dialog sehari-hari di sekolah, di rumah, di tempat kerja, di mall, cafe dll. Lebih baik memahami frase & kalimat sederhana daripada menghapal arti setiap kata.

Ada orang merasa tahu banyak kata, tapi nggak tahu gimana merangkainya. Ini disebabkan karena ia nggak tahu gimana caranya membuat kalimat sederhana. Jika telah menguasai frase serta kalimat, berdialog pun jadi lebih mudah.

3. Buat dirimu tenggelam dalam lingkungan yang kamu ciptakan sendiri. Ini NGGAK berarti harus pergi ke luar negeri lho.

Cara paling efektif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa asing adalah berbaur dengan para penutur asli. Jika dibaca sekilas (tanpa kreativitas), seolah diarahkan untuk pergi atau traveling ke luar negeri (misalnya ke Aussie, Amerika, atau ke Inggris). Padahal, jika kreatif, kamu bisa mencari bahkan menciptakan lingkungan berbahasa Inggris.

Caranya gimana ya? Jika ingin praktek dengan penutur asli secara langsung, kamu bisa traveling / berkunjung ke tempat wisata. Cari rekomendasi tempat paling sering dikunjungi para bule di sekitar tempat tinggalmu. Kunjungi dan belajar bicara Bahasa Inggris dengan beberapa bule. Tenggelamkan dirimu dalam lingkungan tersebut.

Tapi, kalau enggan keluar rumah, kamu bisa ciptakan lingkungan berbahasa asing sendiri lho. Caranya? Semuanya bisa dengan internet. Cari teman bule (a good friend) melalui internet. Ajak mereka ngobrol melalui skype atau media sosial lain. Selain itu, juga bisa menghiasi rumahmu dengan berbagai kutipan dalam bahasa asing.

Tonton acara TV, dengarkan radio, juga membaca majalah dalam Bahasa Inggris. Harus berlangganan channel TV luar negeri donk? Ah, nggak perlu segitunya. Semuanya tersedia di internet, Youtube misalnya. Be creative!

4. Hanya kekuatan jadwal dan konsistensi bisa mengantarkanmu pada kata MAHIR Speaking Bahasa Inggris. Jika memiliki keduanya, selamat, kamu berhak naik ke level selanjutnya.

Jadwal & Konsistensi. Yap, dua hal ini adalah kunci selanjutnya harus dimiliki untuk bisa masuk ke level lebih tinggi. Tentu kamu tahu makna keduanya. Jadwal identik dengan perencanaan, yaitu pengaturan hari dan kegiatan. Sedangkan konsistensi terkait bagaimana mengeksekusi hal yang telah direncanakan.

Jadwal (perencanaan) matang, apabila tidak disertai dengan konsistensi maka hanya akan jadi impian terlupakan. Namun, konsistensi tanpa jadwal/perencanaan matang sama dengan kerja keras tapi nggak bisa ngatur uang. Habislah sudah!

Tanyalah kepada diri sendiri: sudahkah aku punya kedua hal ini: Jadwal & Konsistensi?

5. Last but not least, ini dia tips terakhir. Lakukan "imitation"

Tips yg satu ini cukup sederhana tapi bisa membuat speaking teman2 lebih keren bahkan bisa as close as possible to teal native speaker lhooo. Kalian bisa menguasai accent, pronunciation, dan jg speaking. Kita bisa menirukan apa yg kita dengar ditv, radio, dan yg paling cool youtube. Diyoutube tersedia jutaan video berbahasa inggris. Percayalah imitasi akan membuat speaking anda keren.

Kelima tips di atas akan menjadi kolaborasi pas jika kamu memiliki antusias yang pantas. Keberhasilan seseorang saat mempelajari bahasa baru adalah ketika ia punya antusias yang membuatnya pantas berada di level atas. Jadi, sudah sampai level berapa antusiasmemu saat belajar speaking Bahasa Inggris?

Mulai sekarang tidak ada lagi alasan untuk menunda, lakukan dan buktikanlah! Bahasa inggris teman2 bakalan kereeeeenn bangett.......

So, selamat mencoba. O iya jangan lupa berdo'a jg yaa sebelum belajarnya!!


By: Mr Robil, Tutor Speaking dan Pronunciation di Rumah Inggris Jogja (RIJ)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel